Senin, 08 Oktober 2012

Tips melakukan komunikasi yang lebih efektif


















Tips  sederhana untuk melakukan komunikasi yang lebih efektif
Komunikasi efektif adalah Komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap (attitude change) pada orang yg terlibat dalam komunikasi
Tujuanya adalah memberi kemudahan dalam memahami pesan yang disampaikan antara  pemberi dan penerima sehingga bahasa lebih jelas, lengkap, pengiriman dan umpan balik seimbang dan melatih penggunaan bahasa nonverbal secara baik.
Hukum komunikasi
“REACH”
• Respect (sikap menghargai)
• Empathy (kemampuan mendengar)
• Audible (dpt didengarkan/dimengerti dengan baik)
• Clarity (jelas)
• Humble (rendah hati)

Komunikasi verbal  yang efektif
Jelas dan ringkas
Penggunaan contoh untuk membuat penjelasan
lebih mudah dipahami. Mengulang bagian yg
penting. Penerima pesan mengetahui “apa, siapa,
mengapa, kapan, dimana, bagaimana. Ringkas
dengan menggunakan kata2 yang
mengekspresikan ide secara sederhana.
Perbendaharaan kata (sampaikan pesan dengan istilah yg dimengerti klien).

Komunikasi nonverbal
Penampilan fisik (Hal Ini  dpt menimbulkan citra diri &
profesional yg positif).
Sikap tubuh dan cara berjalan (dapat mengetahui informasi yg bermanfaat dengan mengamati sikap tubuh dan langkah klien. Langkah dapat dipengaruhi oleh faktor fisik spt rasa sakit, obat dsb ).
Ekspresi wajah dan kontak mata.
Sentuhan (kasih sayang, dukungan emosional dan perhatian diberikan melalui sentuhan dan sesuai dg norma sosial).
Tobe continued

Tidak ada komentar:

Posting Komentar